10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda merasa mata Anda memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Berhati-hatilah terhadap gejala-gejala tersebut karena bisa jadi Anda mengalami mata lelah akibat terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Jika demikian, gunakanlah obat tetes mata untuk menyegarkan mata Anda kembali.

Akan tetapi, berbagai merek obat tetes mata yang beredar di pasaran, seperti Insto, Rohto, atau Visine, memiliki fungsi berbeda-berbeda sehingga mungkin membuat Anda memilih mana yang tepat. Nah, di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi obat tetes mata terbaik sesuai dengan gejala mata lelah yang Anda alami. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa penyebab mata lelah?

Apa penyebab mata lelah?Apa penyebab mata lelah?

Mata lelah disebabkan oleh ketegangan otot di sekitar mata akibat terlalu fokus melihat sesuatu. Bekerja menggunakan komputer yang mengharuskan Anda menatap layar dalam waktu lama dapat memicu terjadinya mata lelah. Pada pekerja yang membutuhkan detail pada pekerjaan tangannya juga akan merasa matanya cepat lelah karena mata dipaksa untuk fokus terus-menerus. Selain itu, mata lelah juga bisa disebabkan karena saraf otonom yang terganggu atau karena presbiopia, yaitu kondisi menurunnya daya penglihatan.

Gejala-gejala mata lelah adalah iritasi, hiperemia atau mata merah, penglihatan buram, mata terasa kering, silau, dan lain-lain. Jangan sepelekan gejala-gejala tersebut karena jika kondisinya mulai parah dapat menimbulkan masalah lain, seperti sakit kepala, otot bahu tegang, mual, dan lain-lain. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus sering mengistirahatkan mata Anda dengan tidak melihat layar komputer atau gadget Anda selama beberapa saat atau berkedip lebih sering untuk membasahi mata Anda. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata sebagai pertolongan pertama pada mata lelah Anda agar kondisinya tidak semakin buruk.

Cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih obat tetes mata untuk mata lelah. Bacalah dengan teliti agar obat tetes mata yang Anda pakai efektif untuk mengobati gejala mata lelah yang Anda alami. Berikut penjelasannya.

Pilih kandungan yang cocok dengan gejala mata lelah

Beberapa bahan yang terkandung di dalam obat tetes mata memang cukup keras. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena bahan tersebut telah dibuat untuk meredakan gejala-gejala mata lelah. Kami akan menjelaskan kandungan pada obat tetes mata secara spesifik. Jadi, pilih dan sesuaikanlah kandungan bahan-bahan tersebut dengan gejala mata lelah yang Anda alami.

Bahan naphazoline hydrochloride dan tetrahydrozoline hydrochloride untuk atasi mata merah

Bahan naphazoline hydrochloride dan tetrahydrozoline hydrochloride untuk atasi mata merahBahan naphazoline hydrochloride dan tetrahydrozoline hydrochloride untuk atasi mata merah

Bahan yang efektif untuk mengobati mata merah salah satunya adalah naphazoline hydrochloride dan tetrahydrozoline hydrochloride. Bahan tersebut dapat menekan kemerahan di area mata dengan merangsang pembuluh darah. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami gejala mata merah, pastikan obat tetes mata yang Anda gunakan mengandung bahan tersebut.

Bahan neostigmine methylsulfate untuk atasi mata yang sulit fokus

Bahan neostigmine methylsulfate untuk atasi mata yang sulit fokusBahan neostigmine methylsulfate untuk atasi mata yang sulit fokus

Jika gejala mata lelah yang Anda alami adalah sulit fokus, gunakan obat tetes mata yang mengandung neostigmine methylsulfate. Bahan tersebut dapat mengembalikan fokus mata Anda dengan meningkatkan fungsi otot ciliary. Selain itu, bahan tersebut juga membantu otot mata yang tegang menjadi rileks. Karena itu, produk dengan kandungan bahan ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin agar mata Anda kembali fokus.

Bahan sodium klorida atau sodium kondroitin sulfat untuk atasi mata kering

Bahan sodium klorida atau sodium kondroitin sulfat untuk atasi mata keringBahan sodium klorida atau sodium kondroitin sulfat untuk atasi mata kering

Anda dapat meringankan gejala mata lelah Anda dengan membuatnya tetap lembap. Untuk itu, obat tetes mata yang mengandung bahan yang dapat melembapkan mata sangat direkomendasikan. Bahan seperti sodium klorida atau potasium klorida akan cocok sebab komponen air mata pun terdiri dari bahan ini.

Selain kedua bahan di atas, Anda juga dapat memilih obat tetes mata yang mengandung sodium kondroitin sulfat. Bahan tersebut efektif memulihkan kondisi kornea mata dan mempertahankan kelembapan mata. Sama seperti kulit, mata pun harus dijaga kelembapannya!

Bahan epsilon-aminocaproic acid untuk atasi mata tegang atau vitamin B6 untuk menutrisi mata

Bahan epsilon-aminocaproic acid untuk atasi mata tegang atau vitamin B6 untuk menutrisi mataBahan epsilon-aminocaproic acid untuk atasi mata tegang atau vitamin B6 untuk menutrisi mata

Otot mata yang terasa tegang bisa dipulihkan dengan obat tetes mata yang mengandung nicotium glycyrrhizinate, allantoin, epsilon-aminocaproic acid, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut mampu menekan peradangan dan mengurangi kemerahan pada mata.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih obat tetes mata yang memiliki bahan yang dapat menutrisi mata, seperti taurin yang biasa ditemukan juga di minuman berenergi atau L-aspartic acid yang dapat meningkatkan fungsi mata. Selain itu, vitamin B6 dan B12 juga dapat meningkatkan fungsi saraf sehingga mata yang lelah akan kembali segar.

Tak perlu khawatir terhadap kandungan pengawet dan vasoconstrictor

Tak perlu khawatir terhadap kandungan pengawet dan vasoconstrictorTak perlu khawatir terhadap kandungan pengawet dan vasoconstrictor

Keberadaan bahan antiseptik dan vasoconstrictor di dalam obat tetes mata biasanya dianggap berbahaya, padahal sebenarnya tidak masalah dan Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan adanya kandungan bahan tersebut. Biasanya, obat tetes mata yang bisa digunakan lebih dari sekali memang sengaja ditambahkan bahan pengawet untuk membunuh bakteri agar tetap higienis. Bahkan, jika Anda menemukan obat tetes mata yang berlabel bebas pengawet sekalipun, sebenarnya di dalamnya tetap terdapat kandungan bahan antiseptik seperti asam borat.

Namun, apabila Anda seorang pengguna soft lens, berhati-hatilah terhadap bahan pengawet. Hal itu disebabkan obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet seperti kalium sorbat, benzalkonium klorida, atau paraben bisa berefek buruk pada soft lens Anda. Jadi, bila Anda tidak memakai soft lens, tentu saja Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu, bila kandungan bahan vasoconstrictor seperti tetrahydrozoline hydrochloride dan naphazoline hydrochloride digunakan terlalu banyak, congestion atau penyumbatan pada mata dapat tetap terjadi. Meski demikian, keberadaannya tetap dibutuhkan karena berguna untuk menyempitkan aliran darah ke mata sehingga mata tidak semakin memerah.

Perhatikan juga tentang banyaknya dosis vasoconstrictor pada obat tetes mata. Obat tetes mata yang mengandung vasoconstrictor lebih banyak dikategorikan sebagai obat kelas 2, sedangkan yang lebih sedikit dikategorikan sebagai obat kelas 3. Namun, karena tetap terdapat efek samping yang harus diperhatikan, sebaiknya Anda tetap menyesuaikan dosis yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi mata Anda dari antara kedua kelas obat tersebut.

Apakah dapat dipakai bersamaan dengan lensa kontak?

Apakah dapat dipakai bersamaan dengan lensa kontak?Apakah dapat dipakai bersamaan dengan lensa kontak?

Seperti yang telah kami ingatkan sebelumnya, pengguna lensa kontak harus berhati-hati saat ingin menggunakan obat tetes mata. Hal ini disebabkan kandungan di dalam obat tetes mata, terutama bahan pengawet, dapat berakibat buruk pada lensa kontak.

Oleh karena itu, pastikan kembali apakah obat tetes mata yang hendak Anda gunakan aman untuk digunakan bersamaan dengan lensa kontak atau tidak. Jangan sampai salah memilih dan berhati-hatilah agar penggunaan obat tetes mata tidak mempengaruhi lensa kontak maupun mata Anda, ya!

Cek kenyamanannya saat dipakai

Cek kenyamanannya saat dipakaiCek kenyamanannya saat dipakai

Apakah Anda termasuk orang yang memperhatikan kenyamanan saat menggunakan obat tetes mata? Pada produk obat tetes mata untuk mata lelah yang ada di pasaran, ada jenis yang memberikan sensasi dingin saat diteteskan dan ada pula yang tidak. Bila Anda mau mata Anda terasa lebih segar, Anda dapat menggunakan produk yang memberikan sensasi dingin. Namun, bila Anda tidak nyaman dengan sensasi dingin tersebut, sebaiknya Anda memilih produk yang tidak memberikan sensasi dingin. Hal ini penting untuk diperhatikan karena Anda mungkin akan menggunakannya cukup sering sehingga Anda harus memilih yang nyaman dipakai untuk Anda.

10 Rekomendasi obat tetes mata terbaik untuk mata lelah

Berikut ini adalah 10 rekomendasi obat tetes mata untuk mata lelah. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi mata Anda.

1. Refresh Contacts Lens Comfort Drops

10. Refresh Contacts Lens Comfort Drops10. Refresh Contacts Lens Comfort Drops

Segarkan mata lelah akibat penggunaan lensa kontak

Menggunakan lensa kontak juga bisa menyebabkan mata menjadi lelah dan cepat kering. Oleh karena itu, pengguna lensa kontak harus selalu menyediakan obat tetes mata. Refresh Contacts direkomendasikan untuk pengguna lensa kontak karena kandungan sodium kloridanya dapat mengembalikan kelembapan mata Anda yang terasa kering.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati karena obat tetes mata ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan atau merendam lensa kontak Anda. Gunakanlah obat ini sebagai obat tetes mata saat diperlukan. Selain itu, jika Anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, perhatikan dengan saksama bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

2. Blink Contacts Lubricating Eye Drops

9. Blink Contacts Lubricating Eye Drops9. Blink Contacts Lubricating Eye Drops

Nyaman dipakai seperti air mata asli

Blink Contacts direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan saat menggunakan obat tetes mata. Sebab, di dalamnya terkandung sodium klorida dan potasium klorida yang mirip air mata asli sehingga tidak perih dan sangat nyaman dipakai. Selain itu, obat tetes ini juga aman untuk penggunaan sehari-hari.

Produk ini dapat menyembuhkan mata merah, iritasi, mata kering, dan gatal. Pengguna lensa kontak atau bukan bisa menggunakan obat tetes mata ini untuk menyegarkan matanya kembali. Akan tetapi, Anda tetap perlu berhati-hati apabila memiliki alergi terhadap zat tertentu dalam obat tetes mata.

3. Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012%

8. Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012%8. Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012%

Redakan mata merah Anda dengan sensasi cool 

Jika Anda menyukai sensasi cool di mata, obat ini direkomendasikan untuk Anda karena diformulasikan dengan cooling sensation. Mata yang teriritasi serta memerah menimbulkan rasa panas sehingga sensasi cool dalam produk ini memberikan kenyamanan bagi Anda. Produk ini juga aman untuk penggunaan sehari-hari.

Obat tetes mata ini dapat meredakan gejala mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer, terkena debu, dan perih sehabis berenang karena naphazoline HCl-nya ampuh menyegarkan kembali mata Anda. Bila mata Anda merah akibat penggunaan lensa kontak, Anda pun dapat memakai produk ini. Hanya, pastikan untuk melepas dulu lensa kontak Anda, ya!

4. Santen Hialid 0.1 Ophthalmic Solution

7. Santen Hialid 0.1 Ophthalmic Solution 7. Santen Hialid 0.1 Ophthalmic Solution 

Efektif melembapkan mata kering dengan sekali tetes

Hialid mengandung sodium hyaluronate yang efektif melembapkan mata yang sangat kering. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mengalami gejala mata lelah akibat penggunaan obat, setelah operasi, atau penggunaan lensa kontak. Anda cukup meneteskannya sekali saja, 5-6 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Pastikan Anda menyimpan produk ini di bawah suhu 30°C agar tetap awet digunakan. Selain digunakan untuk mata kering, produk ini juga bisa digunakan untuk meringankan gejala mata yang iritasi dengan sensasi terbakar. Obat ini efektif untuk membuat mata Anda terasa nyaman kembali.

5. Visine Original Sterile Eye Drops

6. Visine Original Sterile Eye Drops6. Visine Original Sterile Eye Drops

Lebih cepat redakan mata merah Anda, hanya butuh 60 detik saja!

Debu dan polusi juga merupakan penyebab mata merah sehingga penglihatan menjadi kabur. Visine memberikan solusi redakan mata merah dalam 60 detik saja setelah diteteskan. Oleh karena itu, produk ini direkomendasikan untuk Anda yang sering berada di jalan, contohnya seperti pengendara motor.

Tidak hanya itu, ketika mata Anda terasa gatal atau panas Anda juga bisa meredakannya menggunakan obat tetes mata keluaran Visine ini. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk menyegarkan mata Anda yang mengalami iritasi ringan setelah berenang, kurang tidur, atau terlalu lama di depan komputer.

6. Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

5. Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl5. Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

Lebih steril untuk mata Anda berkat kandungan antibakterinya

Bakteri bisa menjadi salah satu penyebab mata iritasi dan memerah. Insto menghadirkan obat tetes mata yang bebas bakteri dan meredakan gejala mata lelah akibat iritasi ringan. Produk ini mengandung tetradydrozoline HCL yang berfungsi sebagai vasoconstrictor sehingga ampuh menyegarkan kembali mata lelah.

Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mengalami gejala mata lelah seperti gatal, berair, dan memerah. Selain itu, produk ini juga mengandung benzalkonium chloride yang efektif menghentikan pertumbuhan bakteri.  Produk yang aman untuk penggunaan sehari-hari ini tersedia dalam dua ukuran, yakni ukuran 7,5 ml dan 15 ml.

7. Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops

4. Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops4. Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops

Kemasannya praktis untuk Anda bawa ke mana-mana

Obat tetes mata yang satu ini agak berbeda dengan obat tetes mata pada umumnya karena produk ini bebas pengawet sehingga hanya dapat digunakan selama 12 jam setelah dibuka. Akan tetapi, produk ini tetap dapat diteteskan ke mata Anda berulang kali selama tidak disimpan lebih dari 12 jam.

Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang sering bepergian karena kemasannya praktis untuk dibawa-bawa. Selain itu, ketika digunakan produk ini akan terasa sejuk di mata dan mampu melubrikasi mata Anda secara optimal. Dengan begitu, obat tetes mata ini ampuh meredakan gejala mata lelah, kering, atau iritasi.

8. Rohto Eye Drops Aqua

3. Rohto Eye Drops Aqua3. Rohto Eye Drops Aqua

Sangat mild dan terasa nyaman di mata Anda

Untuk Anda yang memiliki mata sensitif atau mencari obat tetes mata tanpa efek dingin, produk ini adalah pilihan tepat. Diformulasikan secara khusus, obat tetes mata ini mampu memulihkan mata lelah Anda tanpa menimbulkan sensasi dingin sedikit pun sehingga terasa sangat mild dan semakin nyaman untuk Anda gunakan.

Lalu, produk ini juga dapat melembapkan mata Anda yang kering sehingga risiko terjadinya iritasi pada mata Anda pun semakin minim. Produk ini juga akan memulihkan mata Anda yang tegang setelah bekerja di depan komputer selama berjam-jam. Tenang saja, Anda tetap bisa meneteskan produk ini saat menggunakan soft lens, kok!

9. Lion Smile Contact COOL BLACK

2. Lion Smile Contact COOL BLACK2. Lion Smile Contact COOL BLACK

Super cool sensation untuk membuat mata Anda melek seketika!

Ketika digunakan, produk obat kelas 3 ini akan memberi sensasi dingin yang tahan lama dan mampu menyegarkan mata lelah Anda. Hal itu disebabkan produk ini memiliki kadar sensasi dingin tertinggi di antara produk sejenis lainnya. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan mata lelah Anda dan membuatnya melek seketika!

Produk ini juga mengandung povidone dan sodium klorida yang akan melembapkan mata sehingga mata Anda tidak akan terasa kering. Selain itu, kornea Anda juga akan semakin ternutrisi berkat kandungan taurin, potassium l-aspartate dan sodium kondroitin sulfatnya. Apalagi, produk ini juga semakin aman untuk Anda gunakan karena bebas bahan pengawet.

10. Santen Sante FX V+

1. Santen Sante FX V+1. Santen Sante FX V+

Menutrisi mata Anda dengan vitamin B6

Tidak hanya mengandung taurin dan potassium l-aspartate, obat tetes mata ini juga mengandung vitamin B6 sehingga sangat ampuh untuk melindungi dan menutrisi mata Anda. Bila Anda mencari obat tetes mata yang dapat membantu memperlambat proses degenerasi mata Anda, tentu produk ini wajib Anda miliki.

Produk ini juga akan mengatasi peradangan, ketegangan, sekaligus mengembalikan fokus mata Anda berkat adanya kandungan neostigmine methylsulfate dan epsilon-aminocaproic acid. Namun, produk ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan penggunaan soft lens sehingga Anda harus melepasnya terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes mata ini.

Hal yang harus diperhatikan saat memakai obat tetes mata

Hal yang harus diperhatikan saat memakai obat tetes mataHal yang harus diperhatikan saat memakai obat tetes mata

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memakai obat tetes mata adalah mencuci tangan Anda dengan sabun. Kemudian, pastikan ujung dari obat tetes mata tidak mengenai tangan atau bulu mata Anda. Tutup obat tetes mata pun harus Anda letakkan di tempat yang bersih sehingga bakteri tidak menempel. Dengan cara-cara demikian, obat tetes mata Anda akan tetap steril dan terhindar dari pertumbuhan bakteri.

Kemudian, Anda harus meneteskannya beberapa tetes pada mata Anda, tetapi ingat untuk tidak meneteskannya terlalu banyak. Pemakaian yang berlebihan dapat membuat mata Anda meradang, karena itu perhatikanlah baik-baik dosis dan anjuran pemakaian yang tertera pada kemasan.

Setelah diteteskan, pejamkanlah mata Anda sejenak atau Anda bisa menekan dengan lembut bagian dalam mata dengan jari untuk mencegah obat tetes mata mengalir keluar lagi. Lalu, bila Anda berencana untuk menggunakan 2 jenis obat tetes mata berbeda, ingatlah untuk memberikan jeda waktu 5 menit sebelum pemakaian obat tetes mata kedua agar hasilnya lebih efektif. Dengan cara menggunakan yang tepat, mata lelah Anda pun akan teratasi!

Kesimpulan

Demikian 10 rekomendasi obat tetes mata untuk mata lelah yang kami berikan untuk Anda. Pilihlah obat tetes mata yang sesuai dengan gejala mata lelah yang Anda alami, kemudian pastikan apakah obat tetes mata tersebut cocok untuk digunakan bersama soft lens.

Jangan sepelekan gejala mata lelah karena akan berakibat buruk jika tidak segera diobati. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih obat tetes mata yang paling tepat untuk Anda.

Content retrieved from: https://my-best.id/48413/.

Incoming search terms:
  • insto untuk anak
  • insto obat mata bolehkah di berikan pada anak
  • insto regular untuk anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *