10 Rekomendasi Compression Stockings Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Compression stocking, yang bermanfaat dalam melancarkan aliran darah atau getah bening, bisa dibilang merupakan salah satu benda wajib bagi banyak wanita yang ingin mengatasi berbagai masalah pada kaki, memperindah bentuk, dan menjaga kesehatannya. Namun, di antara banyaknya produk compression stocking yang tersedia di pasaran, tahukah Anda produk mana yang paling sesuai untuk Anda?

Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan 10 pilihan compression stocking dengan berbagai fungsi dan manfaat yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelumnya mari pelajari cara memilih produk yang tepat agar Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Cara memilih compression stocking

Compression stocking yang baik tentu bukan hanya ketat dan terasa kencang saat dipakai, tetapi juga nyaman saat dikenakan dan mampu mempertahankan rasa hangat. Namun, Anda tidak boleh memilih compression stocking hanya berdasarkan tekanannya saja. Jadi, mari kita lihat poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih compression stocking yang tepat dan nyaman dipakai.

Perhatikan pengaturan tekanan yang tepat pada produk

Compression stocking tidak hanya berfungsi untuk mengencangkan kaki dengan tekanan yang sesuai, tetapi juga berfungsi untuk mencegah atau mengatasi pembengkakan kaki. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektif, pilihlah compression stocking yang tekanannya diatur secara mendetail sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Level tekanan bertahap untuk memperlancar aliran darah atau getah bening

Level tekanan bertahap untuk memperlancar aliran darah atau getah beningLevel tekanan bertahap untuk memperlancar aliran darah atau getah bening

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat memilih compression stocking adalah besar tekanannya. Jika nilai tekanannya tinggi, mungkin kesannya efek yang dihasilkan juga akan lebih baik. Akan tetapi, tekanan yang tinggi saja tidak cukup dan belum tentu cocok bagi semua orang. Tekanan yang terlalu kuat bisa saja mengakibatkan efek sebaliknya yang tidak diinginkan.

Satuan tekanan yang digunakan pada compression stocking adalah hPa (hectopascal) atau mmHg (milimeter of mercury), dimana 1 mmHg adalah sekitar 1,3 hPa. Semakin tinggi nilai numeriknya, semakin tinggi pula tekanannya. Compression stocking berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan getah bening yang cenderung stagnan. Oleh karena itu, umumnya tekanannya semakin kecil secara bertahap mulai dari pergelangan hingga bagian atas kaki.

Tekanan 20 – 30 hPa untuk mengatasi pembengkakan

Tekanan 20 - 30 hPa untuk mengatasi pembengkakanTekanan 20 - 30 hPa untuk mengatasi pembengkakan

Pada suatu produk compression stocking biasanya tertulis tekanan pada masing-masing bagian kaki, misalnya tekanan pergelangan kaki 20 – 30 hPa, tekanan betis 10 – 20 hPa, dan tekanan paha 5 – 15 hPa. Dapat dikatakan bahwa produk dengan spesifikasi tersebut mampu memberi efek yang diharapkan. Sementara itu ada juga beberapa produk, misalnya untuk keperluan pengobatan, dengan tekanan pada bagian pergelangan kaki antara 30 dan 40 hPa. Akan tetapi, tekanan yang terlalu tinggi bisa berisiko menimbulkan gangguan sirkulasi darah. Jadi, perhatikanlah poin ini dengan saksama.

Jika Anda ingin mengatasi pembengkakan ringan pada kaki, disarankan untuk menggunakan compression stocking dengan tekanan sekitar 15 – 20 hPa pada bagian pergelangan. Sedangkan untuk pembengkakan yang parah atau edema karena kelelahan pada kaki akibat bekerja terlalu keras, Anda dapat menggunakan compression stocking dengan tekanan 20 – 30 hPa. Jika Anda baru mencoba compression stocking untuk pertama kalinya, sebaiknya pilihlah produk dengan tekanan rendah terlebih dahulu.

Pilih yang fungsional dan nyaman dikenakan

Anda mungkin cenderung hanya memperhatikan besarnya tekanan saat memilih compression stocking. Namun, pada kenyataannya ada banyak produk yang menawarkan berbagai fitur tambahan. Untuk mewujudkan rasa nyaman saat dikenakan, disarankan untuk memilih produk yang lebih fungsional.

Efek deodoran untuk mengatasi bau

Efek deodoran untuk mengatasi bauEfek deodoran untuk mengatasi bau

Jika Anda terus mengenakan compression stocking dalam jangka waktu yang lama, Anda pasti khawatir akan timbulnya bau. Karena sering digunakan terutama saat cuaca dingin, compression stocking cenderung mudah pengap misalnya ketika Anda mengenakan boots atau sepatu berbulu. Saat ini sudah ada banyak produk compression stocking yang memiliki fitur mampu menghilangkan bau. Jadi, silahkan pilih produk yang dilengkapi fitur, seperti antibakteri atau yang menggunakan serat deodoran agar Anda tetap nyaman saat menggunakannya.

Efek pemanas untuk menghangatkan kaki

Efek pemanas untuk menghangatkan kakiEfek pemanas untuk menghangatkan kaki

Compression stocking sering digunakan saat cuaca dingin sehingga ada banyak produk yang dilengkapi dengan fitur untuk menghangatkan. Silakan pilih dan gunakan compression stocking yang menggunakan bahan dan metode rajut yang mampu menghangatkan bagian ujung jari kaki atau perut, yang biasanya lebih mudah terasa dingin.

Bagi Anda yang sering mengalami pembengkakan kaki, biasanya aliran darah di tubuh tidak baik sehingga mengakibatkan Anda mudah merasa dingin. Untuk itu, pilihlah compression stocking yang dilengkapi fitur penghangat selain fungsi utamanya untuk melancarkan aliran darah.

Pertimbangan tampilan dan besar tekanan berdasarkan nilai denier

Pertimbangan tampilan dan besar tekanan berdasarkan nilai denierPertimbangan tampilan dan besar tekanan berdasarkan nilai denier

Nilai denier adalah angka yang menunjukkan ketebalan benang yang digunakan pada compression stocking atau tights. Umumnya, semakin besar nilai numerik deniernya, semakin tebal benang yang digunakan. Meskipun mungkin Anda sering mempertimbangkan kenyamanan bahan dan seberapa transparan compression stocking itu ketika dipakai, sebenarnya Anda juga perlu memperhatikan nilai denier suatu produk. Semakin tinggi nilai deniernya, semakin efektif pula produk tersebut dalam meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk compression stocking, nilai 70 denier atau kurang bisa dikatakan efektif untuk mengatasi pembengkakan ringan dan tingkat kekencangannya masih masuk dalam kategori normal. Jika nilainya lebih dari 70 denier, tampilan transparannya akan hilang dan lebih tepat jika disebut sebagai tights daripada compression stocking. Untuk nilai denier sekitar 70 hingga 140, kekencangannya lebih tinggi dari compression stocking biasa dan lebih efektif meningkatkan aliran darah. Jika lebih daripada 140 denier, kekencangannya sangat kuat sehingga dapat digunakan untuk mengobati gangguan aliran darah.

10 Rekomendasi compression stocking terbaik

Setelah memahami cara memilih compression stocking, sekarang kami akan memberi 10 rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi pilihan dengan mempertimbangkan cost & performance-nya. Pilihlah compression stocking sesuai keinginan dan kebutuhan Anda!

1. Sigvaris 780 Eversheer For Women (Closed Toe)

10. Sigvaris 780 Eversheer For Women (Closed Toe)10. Sigvaris 780 Eversheer For Women (Closed Toe)

Lembut di kulit dan antiselip!

Sigvaris 780 Eversheer For Women dibuat dengan jahitan benang inlay ganda yang membuatnya sangat lembut saat menyentuh kulit. Compression stocking tipe closed toe yang modis ini memiliki tekanan dengan rentang 15 – 40 mmHg sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari maupun untuk penggunaan medis, misalnya untuk Anda yang mengalami gangguan vena.

Compression stocking ini juga dilengkapi dengan teknologi Sensinnov Grip-top yang berfungsi untuk membuatnya tidak licin dan antiselip sehingga Anda akan lebih nyaman saat mengenakannya. Selain itu, produk ini dirancang dengan sirkulasi udara yang baik untuk menjaga agar Anda terhindar dari rasa lembap saat pemakaian.

2. BriteLeafs Compression Stocking

9. BriteLeafs Compression Stocking9. BriteLeafs Compression Stocking

Bahan serat mikro yang lembut untuk menghindari gesekan pada tumit

Jika Anda sering mengalami kelelahan pada otot kaki, BriteLeafs Compression Stocking bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat! Dengan tekanan 20-30 mmHg, produk ini didesain untuk memberikan tekanan secara bertahap yaitu 100% pada pergelangan kaki, 70% pada betis, dan 40% pada paha sehingga mampu membantu memperlancar aliran darah dan getah bening.

Untuk kenyamanan Anda, produk ini menggunakan bahan serat mikro yang sangat elastis, kuat, lembut, serta tidak menimbulkan gesekan pada tumit saat dikenakan. Compression stocking ini juga mampu menyerap bau dan keringat dengan baik sehingga tetap kering dan nyaman digunakan, misalnya untuk Anda yang sering mengenakan sepatu boots.

3. Variteks 901 Thigh High (Open Toe)

8. Variteks 901 Thigh High (Open Toe)8. Variteks 901 Thigh High (Open Toe)

Desain yang memudahkan pemakaian dengan tingkat kompresi yang tinggi

Tekanan 30 – 40 mmHg pada Variteks 901 Thigh High (Open Toe) ini menjadikannya sangat cocok untuk mengurangi gejala deep venous thrombosis (DVT), varicosis yang parah dan berulang, hingga pembengkakan pada kaki. Desain open-toe pada produk ini membuatnya mudah digunakan sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Compression stocking asal Turki ini memiliki beberapa sertifikat medis dari lembaga terkemuka sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitasnya. Level kompresi yang tinggi dari produk ini membuatnya dapat juga digunakan untuk post-treatment dari penyakit, seperti peradangan pembuluh darah, peradangan kulit, atau luka karena pembuluh vena yang rusak.

4. Jobst Opaque Waist High

7. Jobst Opaque Waist High7. Jobst Opaque Waist High

Lembut di kulit dengan bahan serat berkualitas tinggi

Teknolgi SoftFit pada compression stocking yang satu ini mampu meningkatkan rasa nyaman saat digunakan dan efektivitasnya untuk terapi. Penggunaan serat berkualitas tinggi menjadikan produk ini sangat lembut di kulit dan mampu menyerap kelembapan sehingga tetap nyaman digunakan bagi Anda yang sibuk beraktivitas sepanjang hari.

Selain tahan lama, compression stocking ini juga mampu menyembunyikan bekas luka, tahi lalat, atau mungkin selulit, agar Anda lebih percaya diri dengan kaki yang tampak lebih indah. Jahitan benang secara inlay (sisip) yang digunakan pada produk ini juga sangat elastis dan memiliki ketahanan tinggi sehingga mempermudah saat Anda mengenakannya.

5. Truform Thigh High Closed Toe Stockings/Ladies’s Sheer

6. Truform Thigh High Closed Toe Stockings/Ladies's Sheer6. Truform Thigh High Closed Toe Stockings/Ladies's Sheer

Tetap stylish dan nyaman dipakai dalam jangka waktu lama

Compression stocking yang diproduksi oleh Truform ini terbuat dari bahan nylon-spandex yang lembut dengan berbagai pilihan tekanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau berdiri saat bekerja, disarankan untuk memilih tipe mild dengan tekanan 8-15 mmHg.

Level tekanan pada stoking ini juga berubah secara bertahap sehingga mampu membantu memperlancar aliran darah pada pembuluh vena. Dengan menggunakan kain rajut yang halus dan bebas lateks, produk ini bisa digunakan untuk berbagai suasana, baik untuk keperluan bisnis ataupun saat bersantai.

6. Scholl Medium Light Legs Compression Tights 60 Den Black

5. Scholl Medium Light Legs Compression Tights 60 Den Black5. Scholl Medium Light Legs Compression Tights 60 Den Black

Kaki terasa lebih ringan sepanjang hari!

Teknologi Fiber Firm pada compression tights dari Scholl ini memberikan tekanan secara bertahap dari pergelangan kaki hingga kaki bagian atas sehingga membantu mencegah agar kaki tidak lelah atau sakit dan menjadikannya terasa lebih ringan sepanjang hari. Produk ini juga didesain dengan sirkulasi udara yang baik untuk kenyamanan Anda saat mengenakannya.

Dengan menggunakan benang berketebalan 60 denier, compression tights ini tetap mampu membuat kaki Anda terlihat fantastis! Produk ini memiliki masa pakai hingga 100 kali cuci tanpa perubahan bentuk maupun warna. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari compression stocking yang awet, bukan?

7. Sigvaris Soft Opaque For Women (Closed Toe)

4. Sigvaris Soft Opaque For Women (Closed Toe)4. Sigvaris Soft Opaque For Women (Closed Toe)

Teknologi tinggi yang menjaga kaki tetap kering dan sejuk

Sigvaris Soft Opaque For Women dirancang untuk memastikan pemberian tekanan yang tepat dan akurat dengan pilihan tingkat tekanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat menghasilkan manfaat terapi yang optimal. Compression stocking ini paling cocok digunakan oleh Anda yang mengalami gangguan vena kronis, edema, dan lainnya.

Produk berbahan microfiber ini sangat lembut, tahan lama dan memiliki tampilan yang mewah saat digunakan sehingga cocok untuk berbagai suasana mulai dari acara resmi atau urusan pekerjaan. Selain itu, compression stocking ini dilengkapi dengan teknologi pengaturan kelembapan tingkat tinggi yang mampu membuat kaki tetap kering dan sejuk.

8. Mediven Forte

3. Mediven Forte3. Mediven Forte

Fitur antibakteri untuk kesegaran pada kaki

Untuk Anda yang memiliki gangguan vena yang parah, Mediven Forte yang mampu menghasilkan efek mendalam ini bisa menjadi pilihan Anda! Compression stocking ini dirancang untuk memberi tekanan yang tinggi sehingga akan memberikan manfaat yang lebih mendalam dalam mengatasi berbagai masalah pada kaki.

Selain itu, produk dari Mediven ini dirancang dengan teknologi Clima Fresh yang memiliki efek antibakteri sehingga dapat menjaga kehigienisan dan kesegaran kaki Anda. Compression stocking dengan model open toe ini juga anti-slip dan sangat elastis sehingga nyaman dikenakan dan mampu mempertahankan tekanan yang diberikan agar tetap konstan sepanjang hari.

9. Oppo 2850 Mid Thigh Compression Stockings

2. Oppo 2850 Mid Thigh Compression Stockings2. Oppo 2850 Mid Thigh Compression Stockings

Wide band antiselip di bagian paha untuk memastikan stoking tidak bergeser

Oppo 2850 Mid Thigh Compression Stockings ini merupakan produk yang didesain untuk Anda yang mengalami spider veins dan varises level sedang hingga berat. Produk ini berbahan elastis sehingga dapat mengikuti bentuk badan dan memiliki tekanan 23 – 32 mmHg yang juga dapat dikenakan untuk proses pemulihan pasca operasi.

Tekanan progresif yang dihasilkan oleh compression stocking bermodel open toe ini mampu memperlancar sirkulasi darah dan getah bening sehingga baik untuk terapi kesehatan. Compression stocking ini dilengkapi dengan wide band berbahan silikon pada bagian paha untuk memastikan agar stoking tidak akan selip saat dikenakan.

10. Jobst UltraSheer Thigh High

4. Jobst UltraSheer Thigh High4. Jobst UltraSheer Thigh High

Nyaman dipakai dan tahan lama

Jika Anda mencari compression stocking yang menggabungkan gaya, kenyamanan, dan memiliki efek terapi, Jobst UltraSheer Thigh High adalah jawabannya! Teknologi SoftFit yang merupakan perpaduan antara tekanan berkala dan penggunaan benang silikon pada compression stocking ini meningkatkan kenyamanan dan keefektifan terapi saat dikenakan.

Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan tekanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Benang satin yang digunakan sebagai material dasarnya pun tahan lama dan menjamin kenyamanan saat dipakai. Permukaannya yang sangat tipis dan hampir transparan menjadikan compression stocking ini tetap bisa digunakan untuk acara resmi sekalipun.

Kesimpulan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, seperti meringankan efek pembengkakan pada kaki dan memperlancar sirkulasi darah, cukup banyak compression stocking yang memiliki desain modis untuk dipakai sehari-hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemilihan produk yang kurang pas tidak akan memberi efek yang maksimal.

Bagaimana menurut Anda tentang pembahasan compression stocking kali ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan compression stocking yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *