10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, pengecekan gula darah secara berkala menjadi sangat penting. Alat cek gula darah atau biasa disebut blood glucose meter kini sudah banyak beredar di pasaran, seperti ACCU-Chek, Abbott, OneTouch, dan berbagai merek lainnya. Bila Anda harus mengukur gula darah secara berkala, tentu alat cek yang tidak sakit saat digunakan akan sangat menolong.

Karena itu, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih alat cek gula darah sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu alat cek gula darah?

Apa itu alat cek gula darah?Apa itu alat cek gula darah?

Alat cek gula darah adalah alat untuk mengukur kadar gula di dalam darah, dan terdiri dari 3 bagian, yaitu alat pengukur, jarum penusuk atau lancet, dan test strip. Pengujiannya dilakukan dengan cara menusukkan jari menggunakan lancet yang tersedia, kemudian darah yang keluar ditampung di test strip untuk diukur kadar gulanya.

Lancet dan test strip adalah bagian yang hanya dapat satu kali digunakan. Jadi, saat menggunakan alat pengukur gula darah, Anda juga harus memperhatikan biaya operasional yang dibutuhkan selain biaya pembelian alat pengukurnya.

Lancet yang digunakan biasanya disambungkan dengan alat bernama pen lancet. Biasanya, lancet dan test strip dijual terpisah dengan alat pengukur, meski ada juga yang dijual dalam satu set. Selain alat-alat tersebut, Anda juga membutuhkan kapas beralkohol untuk mensterilkan area yang akan diambil darahnya.

Cara memilih alat cek gula darah

Alat cek gula darah yang dapat meminimalisir rasa sakit tentu akan sangat membantu para penggunanya, terlebih bila alat tersebut akan digunakan hampir setiap hari. Jadi, sekarang kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih alat cek gula darah.

Pilih alat yang tidak menyebabkan rasa sakit

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih alat cek gula darah yang tidak terlalu menyakitkan? Kuncinya adalah jumlah darah yang dibutuhkan oleh alat tersebut.

Mampu mengukur dengan volume sampel sedikit

Mampu mengukur dengan volume sampel sedikitMampu mengukur dengan volume sampel sedikit

Saat memeriksa kadar gula darah, dikatakan bahwa yang mempengaruhi kadar rasa sakit adalah kedalaman lancet yang ditusukkan, bukan mengenai besar kecilnya lancet itu sendiri. Hal ini disebabkan saraf yang memberi informasi mengenai rasa sakit banyak terdapat pada pembuluh kapiler di bawah kulit. Jika kedalaman tusukan tidak sampai menyentuh saraf, tetapi dalam kondisi darah masih bisa diambil dari pembuluh kapiler, rasa sakit Anda pun akan berkurang.

Meski demikian, Anda tidak akan bisa mengumpulkan darah berjumlah banyak dari pembuluh kapiler. Maka dari itu, saat menggunakan alat cek gula darah yang lancet-nya tidak terlalu dalam, pastikan alat tersebut mampu mengukur gula darah dari sampel yang sedikit saja.

Saat mengukur gula darah, jika jumlah sampel darah tidak mencapai jumlah yang dibutuhkan, error dapat terjadi dan menyebabkan gula darah Anda tidak dapat diukur. Jadi, supaya Anda tidak membuang banyak test strip, sebaiknya Anda memilih alat cek gula darah yang membutuhkan sampel darah dalam jumlah sedikit.

Mampu mengambil darah selain dari ujung jari

Mampu mengambil darah selain dari ujung jariMampu mengambil darah selain dari ujung jari

Ada poin lain yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih alat cek gula darah yang tidak menyakitkan. Hal itu adalah alat yang dapat mengumpulkan darah dari bagian tubuh selain ujung jari.

Biasanya direkomendasikan untuk mengambil sampel darah dari ujung jari. Hal ini dilakukan karena fluktuasi kadar gula darah bisa didapatkan dari pembuluh kapiler pada ujung jari sehingga membuat pengukuran gula darah menjadi lebih akurat. Namun, karena pada ujung jari terdapat banyak saraf, pengambilan darah pada ujung jari dapat menyebabkan rasa sakit.

Sebenarnya, terdapat beberapa alat cek gula darah yang dapat mengukur gula darah dari bagian lain selain ujung jari secara lebih akurat. Hal ini merupakan salah satu opsi yang baik untuk menjadi pertimbangan Anda dalam memilih alat cek gula darah yang akan Anda beli.

Pilih alat yang pengukurannya mudah dan dapat menyimpan data

Terdapat faktor yang harus diperhatikan saat memilih alat cek gula darah. Fungsionalitas alat cek akan dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan fitur lain yang tersemat di dalamnya. Jadi, Anda harus mempertimbangkan poin tersebut sebelum membeli alat cek gula darah.

Perhatikan kapasitas penyimpanan data

Perhatikan kapasitas penyimpanan dataPerhatikan kapasitas penyimpanan data

Sebagai contoh, seseorang yang mengalami kondisi hiperglikemia dalam waktu lama tentu harus memeriksa kadar gula darahnya secara teratur terus-menerus. Dengan begitu, otomatis penggunaan alat cek gula darah juga akan meningkat dan kebutuhan untuk menyimpan data dari hasil pengecekan sebelumnya juga bertambah. Pada kasus ini, alat cek yang mampu menyimpan data lebih banyak lebih direkomendasikan.

Sebaliknya, bila Anda didiagnosa terkena diabetes tipe 2 dan Anda tidak suka memeriksa kadar gula darah Anda terus-menerus, Anda bisa hanya memeriksa sekali setiap harinya. Jika demikian, tidak masalah bila alat tersebut hanya mampu menyimpan sedikit data.

Perhatikan lamanya waktu pengukuran

Perhatikan lamanya waktu pengukuranPerhatikan lamanya waktu pengukuran

Poin lainnya yang juga sangat berhubungan dengan jumlah pengukuran gula darah per hari adalah lamanya waktu yang dibutuhkan alat untuk mengukur.

Kebanyakan alat ukur membutuhkan waktu antara 5 sampai sekitar 10 detik untuk mengukur. Jika alat ini hanya digunakan untuk mengukur satu kali per hari, biasanya jarang terjadi error. Namun, saat frekuensi penggunaannya meningkat, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengukur, semakin tinggi pula kemungkinannya untuk error. Karena itu, pilihlah alat pengukur dengan waktu pengukuran yang singkat jika Anda hendak menggunakannya lebih sering dalam satu hari.

10 Rekomendasi alat cek gula darah terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi alat cek gula darah terbaik yang dapat membantu Anda dalam mengukur kadar gula di dalam darah sehari-hari.

1. GlucoDr. AGM-2100

10. GlucoDr. AGM-210010. GlucoDr. AGM-2100

Teknologi biosensor untuk hasil yang lebih akurat

Pengukuran gula darah yang akurat pastinya akan sangat membantu dan memudahkan Anda. Alat cek gula darah satu ini memiliki teknologi biosensor yang dilengkapi elektroda emas untuk membantu pengukuran gula darah yang lebih akurat. Layar LCD yang besar juga akan membantu Anda untuk membaca hasil pengukuran lebih mudah.

Desain alat ini cukup unik dan stylish untuk dibawa ke mana saja. Alat ini juga dapat Anda bawa ke tempat dengan kelembapan yang cukup tinggi karena botol penyimpanan strip pengukuran dilengkapi dengan desikator antilembap. Dengan kelebihannya itu, membuat alat ini sangat pas untuk Anda yang tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi.

2. OneTouch Select Simple

9. OneTouch Select Simple9. OneTouch Select Simple

Notifikasi dengan audio bagi Anda yang pemula

Bagi Anda yang pemula dalam mengukur gula darah, kemungkinan Anda bingung berapa kadar gula darah seharusnya. Dengan alat ini, Anda dapat lebih mudah mengetahui tingkat kadar gula darah Anda karena tersedia alarm yang dapat berbunyi jika gula darah Anda terlalu rendah, tinggi, atau terlalu tinggi.

Alat ini juga sangat pas bagi pemula karena tidak memiliki tombol sama sekali sehingga penggunaannya sangat sederhana dan mudah. Anda juga tidak perlu khawatir jika alat ini rusak karena Anda akan mendapatkan garansi seumur hidup dengan mendaftarkan alat ini melalui website OneTouch.

3. Exactive Vital Glucometer

8. Exactive Vital Glucometer8. Exactive Vital Glucometer

Performa maksimal, harga tetap ekonomis

Para penderita diabetes tipe 1 harus memperhatikan kadar keton di dalam darah agar tidak terjadi ketoasidosis. Nah, slat pengukur gula darah ini kami rekomendasikan bagi Anda yang menderita diabetes tipe 1 karena fitur ketone alert yang terdapat di dalamnya akan membantu Anda mengkontrol kadar keton di dalam darah.

Strip ejection slider juga merupakan nilai tambah dari produk ini. Anda hanya perlu menekan tombol tersebut dan strip akan terlepas tanpa perlu disentuh. Selain itu, alat ini hanya membutuhkan sedikit sampel darah, yaitu hanya 0,6 µl sehingga akan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan saat sedang memakainya.

4. ACCU-CHEK Performa II

7. ACCU-CHEK Performa II7. ACCU-CHEK Performa II

Kini Anda tidak akan lagi melewatkan jadwal mengukur gula darah

Untuk Anda yang terkadang lupa mengukur gula darah, alat ini akan sangat membantu. ACCU Chek Performa dilengkapi dengan fitur alarm yang akan mengingatkan Anda kapan harus mengukur gula darah. Pastinya Anda tidak akan lupa lagi mengukur gula darah pada waktu yang telah ditentukan.

Melakukan pengukuran dengan alat ini juga sangat mudah karena Anda hanya perlu memasukkan strip kemudian alat akan menyala secara otomatis. Baterai habis? Anda tak perlu khawatir data Anda akan hilang saat mengganti baterai karena alat ini mampu menyimpan data Anda sampai 72 jam setelah baterai dicabut.

5. GlucoDr. Auto AGM-4000

6. GlucoDr. Auto AGM-40006. GlucoDr. Auto AGM-4000

Rentang pengukuran kadar gula terluas!

Bagi Anda yang sedang mencari alat cek gula darah yang dapat digunakan juga oleh bayi, produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Alat ini memiliki rentang pengukuran kadar gula darah yang luas, yakni berkisar 10-900 mg/dL sehingga bahkan bayi pun dapat menggunakannya.

Anda dapat merekam kadar gula darah Anda serta menambahkan kondisi saat pengambilan sampel, baik setelah makan maupun gula darah puasa. Memorinya pun cukup untuk menyimpan 500 data pengukuran. Fitur ini akan sangat membantu Anda yang sibuk dan tidak sempat ke dokter sehingga harus melakukan pengontrolan sendiri.

6. ACCU-CHEK Active

5. ACCU-CHEK Active5. ACCU-CHEK Active

Simpan histori data Anda sampai 90 hari!

Produk Accu-Check Active ini mampu mengukur kadar gula Anda hanya dalam waktu 5 detik sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu saat memeriksa. Apalagi, Anda pun tak akan kesulitan untuk memindahkan data hasil gula darah Anda melalui slot micro USB yang tersedia pada produk ini.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk melihat rata-rata hasil gula darah Anda dari 7, 14, 30 sampai 90 hari serta sanggup menyimpan hingga 500 input pengukuran gula darah. Fitur ini dapat membantu Anda mengontrol sendiri kadar gula darah Anda dan cocok untuk Anda yang harus memonitor kadar gula Anda dalam 3 bulan terakhir.

7. Ascensia Diabetes Care Contour Plus

4. Ascensia Diabetes Care Contour Plus4. Ascensia Diabetes Care Contour Plus

Pengontrolan gula darah lebih mudah dengan smartphone

Alat ini kami rekomendasikan untuk Anda yang harus rutin mengukur gula darah setelah makan. Alat ini dilengkapi dengan fitur alarm yang dapat Anda atur sesuai dengan jam makan Anda. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan fitur perhitungan rata-rata gula darah dalam 7 hari, 14 hari, hingga 30 hari.

Ingin melihat rekap hasil pengukuran gula darah Anda setiap hari? Tak perlu repot lagi karena Anda dapat mengaksesnya melalui smartphone Anda. Hal ini sangat membantu jika Anda harus pergi konsultasi dengan dokter karena Anda hanya perlu menampilkan hasilnya pada smartphone Anda.

8. Wellion LUNA Duo

3. Wellion LUNA Duo3. Wellion LUNA Duo

Model stylish dengan warna cerah yang ceria

Jika Anda memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang harus diperhatikan, alat yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan satu alat, Anda dapat mengukur keduanya sehingga lebih efisien. Untuk pengukuran gula darah alat ini hanya membutuhkan jumlah sampel darah yang sangat sedikit, yaitu 0,5 µl.

Desainnya pun sangat ergonomis dan stylish serta memiliki 4 warna pilihan yang menarik, yaitu kuning, merah muda, hitam, dan putih. Kemudian, produk ini mampu menyimpan data pemeriksaan gula darah Anda hingga 360 input dan kolesterol hingga 50 input. Dengan demikian, Anda bisa terus memonitor kadar gula dan kolesterol Anda bersamaan.

9. Acon On Call Plus

2. Acon On Call Plus2. Acon On Call Plus

Buat dan analisis grafik data gula Anda sendiri dengan mudah!

Anda yang sering mengukur gula darah setiap hari pasti membutuhkan tempat lain untuk pengambilan darah agar jari Anda tidak sakit. Selain dari ujung jari, Anda juga dapat mengambil sampel darah dari bagian lengan bawah Anda menggunakan alat ini. Sampel yang dibutuhkannya pun hanya 0.5 µl.

On Call Plus dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat Anda unduh secara online. Perangkat lunak tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, sampai membuat grafik dari data gula darah Anda. Alat ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memantau gula darah Anda sendiri dengan mudah.

10. Abbott FreeStyle Optium Neo

1. Abbott FreeStyle Optium Neo1. Abbott FreeStyle Optium Neo

Sudahkah Anda menggunakan insulin hari ini?

Alat ini akan membantu memperingatkan Anda jika kadar gula Anda kurang atau melebihi batas normal selama pengukuran beberapa hari. Sampel yang dibutuhkan pun sedikit, hanya 0,6 µl dan bisa dibaca hanya dalam waktu 5 detik sehingga dapat digunakan oleh Anda yang membutuhkan pengecekan darah secara rutin.

Alat ini juga sangat pas untuk Anda yang rutin menggunakan insulin karena terdapat fitur insulin logging untuk mengingatkan Anda tentang kadar insulin dalam darah. Terdapat pula fitur matte screen reflect agar Anda bisa melihat layar dengan mudah meski berada di tempat yang cukup silau.

Kesimpulan

Ternyata ada beberapa merek alat cek gula darah dengan fitur yang menarik. Untuk kenyamanan Anda yang rutin menggunakannya, pilihlah alat cek gula darah yang menyebabkan rasa sakit seminimal mungkin. Perhatikan jumlah darah yang dibutuhkan, kapasitas penyimpanan, serta lama penyimpanan memori.

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Semoga Anda mendapatkan alat cek gula darah yang sesuai. Stay healthy!

Content retrieved from: https://my-best.id/49145/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *