10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Terampuh

Memiliki rambut yang indah adalah dambaan setiap orang, khususnya para wanita yang biasanya sangat menjaga penampilan dari rambut sampai kaki. Menjaga kesehatan rambut tidak hanya cukup dengan keramas saja, tapi juga harus merawatnya dengan ekstra, seperti melakukan perawatan creambath, hair spa, atau hair mask. Tapi, sebelum melakukan perawatan tingkat lanjut seperti itu, ada hal yang lebih mendasar dari perawatan rambut, yaitu mencuci rambut. Keramas atau mencuci rambut merupakan kegiatan yang dilakukan sendiri saat mandi, sehingga sangat mudah dilakukan. Keramas harus menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut, lalu jangan lupa gunakan kondisioner rambut supaya rambut lebih mudah diatur.

Ada ratusan merk kondisioner di pasaran. Tapi, tahukah kamu, kalau kamu bisa membuat kondisioner rambut dari bahan alami? Tentunya kondisioner home made akan jauh lebih bagus daripada yang sudah bermerk karena pasti mengandung bahan kimia.

10 Ramuan Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami

1. Okra

Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami okra

Okra adalah tanaman obat sejenis sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin Atau, C dan K.  Selain itu, okra juga mengandung tembaga, seng, kalium, folat, dan tiamin yang baik untuk kesehatan rambut sehingga rambut tampak berkilau alami. Bila kondisioner berbahan dasar okra digunakan secara teratur, maka akan membuat rambut terbebas dari ketombe serta dapat menjaga kelembaban kulit kepala.

Cara membuat kondisioner rambut dari bahan alami: okra cukup mudah. Pertama, potong-potong 8 buah okra, kemudian cuci bersih. Langkah kedua, masukkan potongan okra kedalam panci yang sudah diisi dengan air bersih, kemudian didihkan sampai air menjadi kental dan lengket.

Ketiga, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan wangi sesuai selera, sedikit perasan lemon dan madu, lalu dinginkan. Setelah dingin, saring lalu oleskan pada seluruh rambut yang sudah dicuci bersih menggunakan shampo, lalu pijat selama 5 sampai 10 menit setelah itu bilas sampai bersih.

2. Minyak Jojoba dan Lidah Buaya

Minyak Jojoba dan Lidah Buaya

Untuk kondisi rambut rusak karena pewarnaan, maupun karena sering dicatok, kamu bisa menggunakan kondisioner dari minyak jojoba dan lidah buaya. Dengan melakukannya secara teratur, maka rambut kamu akan lebih sehat dan tidak kusam. Aplikasikan kondiosioner rambut dari bahan alami ini setelah mencuci rambut menggunakan shampo.

Campurkan tiga ons minyak jojoba dan delapan ons lidah buaya yang sudah dilumatkan. Campurkan kedua bahan sampai rata, kemudian oleskan pada seluruh rambut kamu.  Pijat-pijat rambut dan kulit kepala selama 5 sampai 10 menit, lalu diamkan selama 30 menit.  Setelah itu bilas sampai bersih, boleh menggunakan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin.

3. Minyak Kelapa Murni

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Anda bisa membeli atau pun membuatnya sendiri, langkahnya dapat Anda baca di artikel cara membuat virgin coconut oil. Selain untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, minyak kelapa murni juga bisa kamu manfaatkan sebagai kondisioner.

Kondisioner dari bahan minyak kelapa murni cocok untuk jenis rambut kering dan pecah-pecah. Lakukan seminggu tiga kali, setiap habis keramas supaya rambut kamu menjadi lebih lembut. Cara menggunakannya adalah cukup tuangkan sedikit minyak kelapa murni di tangan kamu, kemudian gosokkan kedua telapak tangan supaya minyak menjadi rata.

Setelah itu usapkan ke seluruh rambut kamu dari ujung rambut sampai akar. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, kemudian bila kembali  dengan air dingin. Bagaimana, mudah sekali untuk menggunakan kondiosioner rambut dari bahan alami ini, bukan?

4. Cuka Apel

Cuka Apel

Kondisioner yang satu ini cocok untuk jenis rambut berminyak dan yang berketombe.  Juga untuk mengurangi tekstur kasar pada rambut serta mengurangi rambut bercabang.   Pemakaiannya  setelah rambut di cuci menggunakan shampo ya.

Tuangkan satu cangkir air bersih ke dalam botol semprot.  Tambahkan satu sendok makan cuka apel, kocok supaya kedua bahan menyatu sempurna.  Lalu semprotkan ke seluruh rambut, kemudian biarkan hingga kering secara alami.

5. Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Minyak jojoba bila disatukan dengan minyak zaitun, akan menjadi formulir yang baik untuk  dijadikan kondisioner rambut.  Campuran bahan ini lebih cocok untuk jenis rambut kering, rusak karena pewarnaan, pengeritingan dan sering dicatok, juga untuk rambut yang pecah-pecah.  Jika digunakan secara rutin seminggu tiga kali, maka akan membuat rambut kembali sehat dan berkilau.

Campurkan 1/4 cangkir minyak jojoba dengan satu sendok makan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambahkan aroma yang wangi, aduk sampai rata.

Masukkan campuran ke tiga bahan tersebut kedalam botol semprot, lalu semprotkan ke seluruh rambut dan biarkan sampai kering secara alami. Simpan botol di lemari es supaya khasiatnya lebih tahan lama, dan usahakan menggunakan botol yang berwarna gelap.

6. Yoghurt, Mayones, dan Putih Telur

Yoghurt, Mayones, dan Putih Telur

Mayones merupakan salah satu bahan yang baik untuk mengkilapkan rambut.  Kandungan protein pada putih telur dapat membantu memulihkan rambut yang rusak. Yoghurt akan membantu memulihkan keseimbangan pH di kulit kepala.

Campurkan 1/4 cangkir yoghurt, 1 sendok makan mayones dan satu butir putih telur ke dalam mangkuk bersih, aduk sampai rata.  Aplikasikan pada seluruh rambut dalam kondisi basah setelah keramas.  Diamkan selama 5 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin supaya folikel rambut kembali tertutup setelah terkena air hangat.

7. Madu, Susu, Minyak Zaitun, Kayu Manis dan Pisang

Madu, Susu, Minyak Zaitun, Kayu Manis dan Pisang

Ke lima bahan ini dapat mencegah rambut patah.  Caranya mudah, campurkan satu sendok makan madu, setengah cangkir susu tawar cair, beberapa tetes minyak zaitun, satu sendok teh kayu manis untuk aroma rempah yang segar, dan dua sendok makan pisang yang sudah dilumatkan.

Lalu, aduk semua bahan sampai rata, lalu oleskan pada seluruh rambut.  Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. Gunakan kondisioner rambut dari bahan alami ini setiap kali kamu habis keramas untuk hasil terbaik.

8. Shea Butter dan Minyak Zaitun

Shea Butter dan Minyak Zaitun

Untuk rambut bercabang dapat diatasi dengan menggunakan kondisioner yang terbuat dari shea butter dan minyak zaitun.  Campurkan beberapa sendok makan shea butter dengan 3 sendok makan minyak zaitun, aduk sampai rata.

Lalu oleskan pada rambut setelah keramas, perbanyak olesan pada bagian ujung rambut yang bercabang. Diamkan 10 sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin sampai bersih.

9. Alpukat, Madu, Minyak Kelapa Murni, Lidah Buaya, dan Air Perasan Lemon

Alpukat, Madu, Minyak Kelapa Murni, Lidah Buaya, dan Air Perasan Lemon

Campuran bahan ini baik untuk rambut berketombe. Masukkan kedalam blender satu buah alpukat matang, tiga sendok teh madu, satu sendok teh minyak kelapa murni, 1/4 cangkir lidah buaya yang sudah dipotong-potong, dan satu sendok teh air perasan lemon.

Jika terlalu kental bisa tambahkan lidah buaya atau sedikit air.  Kemudian oleskan pada seluruh kulit kepala dan rambut yang sudah di keramas. Diamkan 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin sampai bersih.

10. Yoghurt dan Buah-Buahan

kondiosioner rambut dari bahan alami Yoghurt dan Buah-Buahan

Bahan terakhir dalam list ramuan kondisioner rambut dari bahan alami adalah campuran yoghurt dengan buah-buahan. Kamu bisa menggunakan buah apa pun yang kamu inginkan. Cara membuatnya adalah dengan memblender 1/4 cangkir yoghurt tawar dengan beberapa potong pepaya, mangga atau pir, lalu tambahkan 3 sendok makan air perasan lemon.

Oleskan campuran bahan kondisioner ini dari pangkal hingga ujung rambut, setelah itu diamkan selama 10 menit.  Lalu bilas dengan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. Kondisioner ini cocok untuk rambut berminyak, dan berketombe. Pilihlah salah satu ramuan kondisioner diatas yang sesuai dengan jenis rambut kamu.

Penggunaan air hangat pada bilasan pertama dapat merontokan sisa bahan yang mugkin sulit dibersihkan bila hanya menggunakan air dingin. Tapi hanya menggunakan air dingin pun tidak menjadi masalah, asalkan kamu teliti. Karena jika kondisioner tidak benar-benar bersih, malah akan menimbulkan ketombe.

Itulah sepuluh benda yang bisa dibuat menjadi kondisioner home made. Dengan melakukannya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Lakukan seminggu sekali untuk rambut berminyak, sedangkan untuk rambut kering bisa seminggu tiga kali. Selingi dengan menggunakan merk kondisioner yang sejenis dengan merk shampo yang kamu gunakan. Selamat mencoba!

11. Paket Maximal Treatment

 

Obat Penumbuh Rambut Botak Paket Maximal Treatment

Paket Maximal Treatment green angelica penumbuh rambut ampuh mengatasi rambut rusak, botak, dan rontok parah, dengan green angelica paket maxsimal rambut bisa kembali tidak rontok dan indah.

Produk ini terdiri dari 3 botol masing masingnya adalah Hair Tonic penumbuh rambut, Shampo anti rontok, dan hair serum vitamin anti dht penguat akar rambut pencegah kerontokkan.

12. Paket Combo 1

 

Obat Penumbuh Rambut Alami Paket Combo 1

Paket Combo 1 bisa digunakan untuk rambut tipis dan kusam, paket ini bagus untuk menumbuhkan rambut baru dan menutrisi rambut menuntaskan kulit kepala yang kering agar rambut tumbuh menjadi sehat dan kuat.

Paket ini terdiri atas dua produk yakni hair serum penyubur rambut anti dht sebagai penguat akar. dan hair tonic penumbuh rambut untuk menumbuhkan rambut baru atau menebalkan rambut.

 

LAYANAN ORDER **Akses cepat bisa klik no. telp, bbm atau wa

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *