10 Cara Memakai Roll Rambut Dengan Mudah Sesuai Jenisnya

Siapa yang suka rambut bergelombang atau rambut curly? Di Indonesia sendiri cukup banyak orang yang menyukai bentuk rambut seperti itu, sehingga wajar jika di seluruh salon kencantikan selalu ada opsi “cuci + keriting” atau pun keriting permanen. Tapi, Anda tidak perlu selalu pergi ke salon untuk mendapatkan rambut bergelombang, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan roll rambut.

Roll rambut atau pengeriting rambut ada beberapa macam, dan hampir semua orang punya roll rambut di rumah. Dalam membahas cara memakai roll rambut, Bacaterus akan mengkategorisasikannya sesuai dengan bentuk roll rambut tersebut. Karena beda ukuran dan bahan, beda juga cara menggunakannya. Oh, iya, Bacaterus juga akan memberi tahu Anda di mana bisa membeli roll rambutnya. Yuk, disimak!

Cara Memakai Roll Rambut Dengan Mudah

1. Velcro Rollers

Velcro Rollers cara memakai roll rambut

Jenis roll rambut yang paling banyak dimiliki orang pasti velcro rollers. Roll rambut ini bisa dibilang yang paling gampang digunakan dibandingkan roll dalam bentuk lain. Prinsip roll rambut ini adalah ‘lengket’. Ya, roll rambut ini akan menempel pada rambut Anda tanpa perlu dijepit atau pun diikat, tapi itu tergantung dengan panjang dan ketebalan rambut masing-masing.

Velcro rollers hadir dalam berbagai ukuran. Ada yang diameternya sekecil marker, ada yang sebesar saus kemasan botol, dan ada juga yang sangat besar hingga sulit menggenggamnya dengan satu tangan. Cara kerja roll rambut ini sama saja, yang membedakan adalah hasil akhirnya. Jika Anda ingin gelombang yang subtle, gunakanlah rollan yang besar. Kalau Anda ingin keriting banget, pakai rollan yang berukuran kecil.

cara memakai roll rambut

Cara memakai roll rambut jenis velcro ini adalah dengan memisahkan rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil, lalu tarik segenggam rambut Anda hingga lurus dan tidak kusut. Lalu, Anda bisa mulai me-roll rambut Anda dari ujung rambut atau pun dari tengah, sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan.

Jika rambut Anda sangat panjang atau pun tebal, Anda akan membutuhkan jepit rambut. Beberapa produk velcro rollers ada yang sudah sekaligus jepitannya tapi banyak juga yang tidak. Anda bisa menggunakan aneka jepit untuk menahan rollan ini, kok, misalnya bobby pins, jepit alumunium salon, atau jepit plastik jedai. 

2. Rubber On

Rubber On

Bacaterus tidak tahu nama yang pasti untuk rollan ini, tapi karena terdapat karet yang menempel, jadi kami sebut rollan ini sebagai rubber on. Bahan rollan ini adalah plastik keras yang dilengkapi dengan dua utas karet super fleksibel.

Cara memakai roll rambut ini adalah dengan menggulung segenggam kecil rambut Anda, dari ujung hingga akar atau hingga batas yang Anda inginkan. Lalu, ikat gulungan rambut dan rollan tersebut dengan karet yang tersedia. Fungsi karet ini adalah untuk menahan rollan agar tidak jatuh dan untuk memberikan efek keriting yang lebih ekstra pada rambut Anda.

Kalau Anda ingin membeli rollan dengan karet seperti ini,

3. Peco Rollers

Peco Rollers

Jenis roll rambut yang selanjutnya adalah peco hair rollers. Roll rambut ini terbuat dari bahan silikon, sehingga empuk, fleksibel dan mudah digunakan. Biasanya dalam satu set peco rollers terdiri dari beberapa ukuran berbeda, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar (dapat Anda lihat pada gambar di atas). Cara memakai roll rambut peco adalah sebagai berikut:

Peco Rollers

Pertama-tama, buka peco hair rollers dengan mengangkat bagian yang bulat ke atas. Setelah itu, pisahkan rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil agar lebih memudahkan dalam menggulung nantinya.

Peco Rollers

Kedua, mulai gulung rambut Anda dari akar atau beberapa senti di atas akar. Gulung di bagian dalam peco hair roller, lebih jelasnya lagi bisa dilihat pada gambar.

Peco Rollers

Terakhir, tutup kepala peco hair rollers seperti pada gambar. Caranya mudah, kok, Anda cukup tekan pinggiran rollan ini dari kedua sisi (kiri dan kanan) secara bersamaan. Dan, selesai! Anda tinggal menunggu beberapa menit atau berapa lama pun Anda inginkan untuk mendapatkan rambut curly yang cantik. Beberapa orang ada juga yang suka membawanya tidur dan membuka peco rollers keesokan paginya.

4. Du Curl

Du Curl

Rekomendasi rollan rambut yang selanjutnya adalah Du Curl. Alat ini hadir satu set dengan gagang yang dapat memudahkan pengaplikasian roll rambut. Jadi, cara memakai roll rambut ini sama seperti saat Anda menggunakan sisir bulat pada umumnya.

Mulailah dari ujung rambut Anda, lalu gulung terus hingga akar atau sebatas apa pun yang Anda inginkan. Setelah itu, lepaskan gagang atau handle dan diamkan rollan selama yang Anda inginkan.

5. Nylon Daiou

Nylon Daiou

Bacaterus juga tidak tahu nama jelas untuk rollan rambut ini, tapi beberapa seller di internet menyebutnya Nylon Daiou. Selain roll rambut tipe Velcro (nomor 1), rollan Nylon Daiou ini merupakan yang paling banyak dimiliki oleh orang di rumah. Mungkin karena jenis roll rambut seperti Velcro dan Nylon Daiou ini mudah ditemukan di mana-mana dan harganya juga terjangkau.

Roll rambut ini cenderung lebih kuat daripada roll rambut lainnya, karena bahannya dibuat dari plastik kaku yang tidak mudah patah atau pun kotor. Rambut juga tidak akan banyak menyangkut seperti yang selalu terjadi pada rollan jenis Velcro. Untuk hasil akhirnya, Nylon Daiou ini hanya dapat menghasilkan gelombang kecil-kecil (super keriting) karena ukuran rollan ini tidak ada yang besar.

Cara menggunakan roll rambut ini adalah dengan membuka bagian atas rollan terlebih dahulu. Setelah itu, gulung rambut Anda dari ujung/tengah/akar, terserah pada selera Anda. Lalu, tutup roll rambut dengan bagian yang tadi Anda lepaskan. Rollan ini cukup kuat walaupun Anda bawa berjalan-jalan di rumah. Bahkan ada beberapa orang yang sering membawanya tidur dan rollan ini tidak lepas dari rambut semalaman.

6. Heated Hair Roller

Heated Hair Roller

Anda mungkin tahu jenis roll rambut yang satu ini. Untuk membuat rollan ini berkerja sempurna adalah dengan memanaskannya terlebih dahulu. Rollan rambut ini hadir satu set lengkap dengan pemanas dan roll rambut yang banyaknya ada selusin atau lebih.

Bentuk rollan ini mirip seperti Rubber On pada nomor 2, hanya saja pengaitnya bukan karet melainkan sebuah klip plastik atau yang berbahan sama dengan roll rambut tersebut.

7. Strawberry Roll

 

Strawberry Roll

Siapa yang tidak kenal rollan berbentuk stroberi ini? Roll rambut ini bahkan sangat fenomenal di banyak negara lainnya seperti Korea Selatan, Jepang dan Amerika. Rollan rambut ini dikenal dengan nama Magic Strawberry Sponge Hair Curler.

Sebenarnya ada banyak roll rambut seperti ini, tapi biasanya bentuknya hanya bundar biasa saja walaupun hadir dalam banyak warna. Karena itu roll rambut stroberi ini memiliki daya tarik tersendiri (mungkin karena bentuknya imut), sehingga lebih laris di pasaran.

Fungsi hair curler ini adalah untuk membuat gelombang ikal natural. Produk ini sangat mudah digunakan, tidak merusak rambut, tidak berat di rambut, mudah dibersihkan dan mudah dibawa ke mana pun Anda pergi. Anda bisa menggunakannya selama beberapa menit sesaat akan pergi keluar rumah atau pun dibawa tidur.

Cara memakai roll rambut stroberi ini biasanya adalah dengan keramas terlebih dahulu, lalu keringkan rambut hingga 80% kering. Lalu, ambil sejumput rambut Anda dan roll selama kurang lebih 20 – 30 menit. Tapi, jika Anda akan membawanya tidur, lebih baik keringkan rambut Anda dengan sempurna terlebih dahulu agar Anda tidak demam/pusing.

8. Magic Leverag

Magic Leverag

Kalau Anda merupakan seorang beauty enthusiast, Anda pasti tahu alat pengeriting rambut bernama Magic Leverag. Biasanya produk ini dijual di televisi alias di channel home shopping. Tapi, kini sudah banyak yang menjual roll rambut ini, seperti Lazada dan Blibli.

Satu pack Magic Leverag rata-rata berisi 18 roll dengan warna-warna yang berbeda. Roll rambut ini dapat menciptakan ikal yang ukurannya sedang seperti rambut Taylor Swift zaman dulu.

Cara memakai roll rambut ini adalah dengan keramas seperti biasa, lalu keringkan rambut hingga setengah kering saja. Bagi rambut menjadi 18 bagian (sesuai dengan jumlah Magic Leverag). Masukkan stik (sudah tersedia di dalam paket Magic Leverag) ke dalam curler. Gunakan hook untuk menahan cengkeraman di pangkal rambut. Tunggu selama 30 menit atau sesuai keinginan Anda.

Jika Anda menginginkan keriting yang lebih awet dan lebih membentuk, blow ringan rambut Anda sambil tetap menggunakan Magic Leverag.

9. Hairdini

Hairdini

Anda pasti sering melihat anak SMP-SMA-kuliahan yang menggunakan hairdini. Lalu, apakah itu hairdini? Sebenarnya benda ini punya nama lain dalam bahasa Inggris, namun orang Indonesia sering menyebutnya sebagai hairdini. Alat ini sebenarnya diperuntukkan untuk membuat cepol dan juga sanggul mini.

Namun, tak jarang hairdini digunakan sebagai alat pengeriting rambut. Hasil akhir hairdini adalah gelombang yang besar-besar dan cantik. Alat ini terbuat dari spons dan kawat yang dapat dibentuk sesuka hati. Cara memakai roll rambut ini adalah dengan memasukkan seluruh rambut Anda ke dalam bagian tengah hairdini. Atau, Anda bisa juga memisah-misahkan rambut Anda lalu gunakan beberapa hairdini.

Setelah itu, gulung rambut ke atas, boleh ke arah dalam maupun ke arah luar. Lalu tutup hairdini dengan cara melipat kedua sisi kanan dan kiri roll rambut tersebut.

10. Jepit Roll

jepit roll

Rekomendasi roll yang bagus terakhir adalah jepit roll. Seperti yang dapat Anda bayangkan, rollan ini berbentuk jepitan atau lebih detilnya, rollan ini ada jepitannya yang berfungsi sebagai penahan.

Cara menggunakan roller ini sama saja sepeti rollan pada umumnya. Bedanya, setelah selesai digulung, Anda kunci rollan tersebut dengan jepitan yang tersedia.

Content retrieved from: https://bacaterus.com/cara-memakai-roll-rambut/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *